Proposal PKL

untuk download contoh proposal pkl klik opsi dibawah :)



Judul :Struktur Komunitas Dan Kelimpahan Fitoplankton Dalam Kaitannya dengan Parameter Fisika-Kimia Perairan Di Perkolaman MBC (Mas Broadstock Center) BBPBAT Sukabumi

1.      Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
Perikanan merupakan salah satu usaha manusia untuk memanfaatkan sumberdaya hayati perairan (aquatic resources) yang meliputi benda-benda hidup baik itu berupa jenis ikan, udang-udang, kerang-kerangan, mutiara, rumput laut, dan organisme air lainnya yang berada di perairan umum maupun di perairan laut. Salah satu usaha manusia untuk memanfaatkan potensi sumber daya hayati perairan tersebut adalah melalui usaha budidaya perikanan (Anonim, 2009).
Ruang lingkup budidaya ikan (Fish Culture) adalah pengendalian pertumbuhan dan pengembangbiakan yang bertujuan untuk memperoleh hasil yang terbaik dari pada dibiarkan hidup secara alami (Sumantadinata, 1983). Selanjutnya Hardjamulya (1990) mengatakan bahwa kegiatan budidaya ikan dapat dilakukan di kolam, sawah, maupun perairan umum. Kegiatan budidaya perikanan merupakan usaha manusia untuk mengelola faktor-faktor budidaya, hama dan penyakit organisme budidaya dan dapat memproduksi organisme yang dibudidayakan sebanyak-banyaknya (Haris,1982).

1.2  Rumusan Masalah
Pada kerja praktek ini, topik yang di ambil adalah tentang Struktur Komunitas Dan Kelimpahan Fitoplankton Dalam Kaitannya Dengan Parameter Fisika-Kimia Perairan Di Perkolaman MBC BBPBAT Sukabumi.
1.3  Tujuan
1.   mengetahui struktur komunitas dan kelimpahan fitoplankton di perkolaman MBC BBPBAT Sukabumi serta mempelajari keterkaitan antara kelimpahan fitoplankton dengan beberapa parameter fisika-kimia perairan.
2.   Mengetahui hubungan komunitas dan kelimpahan fitoplankton dengan pengembangan budidaya ikan mas
2.   Manfaat
1.      Memberikan informasi tentang Struktur Komunitas Dan kelimpahan Fitoplankton Dalam Kaitannya Dengan Parameter Fisika-Kimia Perairan Di Perkolaman MBC BBPBAT Sukabumi
2.   Memberikan informasi tentang hubungan komunitas dan kelimpahan fitoplankton dengan pengembangan budidaya ikan mas
3.      Kerangka Pemikiran
Untuk mendukung kegiatan budidaya ikan mas, maka air yang digunakan sebagai air sumber dan air pemeliharaan harus selalu memenuhi persyaratan baik parameter fisik, kimia dan biologi (Antik Erlina et al.). salah satu parameter biologi untuk mengetahui kualitas air adalah kehadiran fitoplankton.
Fitoplankton mempunyai peranan yang sangat penting di dalam suatu perairan, selain sebagai dasar dari rantai pakan (primary producer) juga merupakan salah satu parameter tingkat kesuburan suatu perairan (Yuliana, 2007). Fitoplankton dapat berperan sebagai salah satu dari parameter ekologi yang dapat menggambarkan kondisi suatu perairan.
Salah satu ciri khas organisme fitoplankton yaitu merupakan dasar dari mata rantai pakan di perairan (Dawes, 1981). Oleh karena itu, kehadirannya di suatu perairan dapat menggambarkan karakteristik suatu perairan apakah berada dalam keadaan subur atau tidak.
Kelimpahan fitoplankton di suatu perairan dipengaruhi oleh beberapa parameter lingkungan dan karakteristik fisiologisnya. Komposisi dan kelimpahan fitoplankton akan berubah pada berbagai tingkatan sebagai respons terhadap perubahan-perubahan kondisi lingkungan baik fisik, kimia, maupun biologi (Reynolds et al. 1984). Faktor penunjang pertumbuhan fitoplankton sangat kompleks dan saling berinteraksi antara faktor fisika-kimia perairan seperti intensitas cahaya, oksigen terlarut, stratifikasi suhu, dan ketersediaan unsur hara nitrogen dan fosfor, sedangkan aspek biologi adalah adanya aktivitas pemangsaan oleh hewan, mortalitas alami, dan dekomposisi (Goldman dan Horne, 1983).


3.      Hipotesis
Dari kerangka pemikiran tersebut diatas maka diambil hipotesis yaitu:
Terdapat Struktur Komunitas Dan Kelimpahan Fitoplankton yang berkaitan Dengan Parameter Fisika-Kimia Perairan Di Perkolaman MBC BBPBAT Sukabumi.
4.      Metodologi Penelitian
4.1  Lokasi Dan Waktu Penelitian
Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini dilaksanakan mulai tanggal 04 Juli 2011 sampai dengan tanggal 30 Juli 2011, dan dilakukan di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi
4.2 Metode penelitian
Metodologi yang dipakai adalah survei lapangan, dilanjutkan dengan analisis kualitas air.
Untuk analisis kualitas air dengan variabel kimia dan fisika, 12 sampel air didapat dari 6 di perkolaman MBC dengan kode MBC 1 in, MBC 1 out, MBC 2 in, MBC 2 out, MBC 3 in, MBC 3 out, MBC 4 in, MBC 4 out, MBC 5 in, MBC 5 out, MBC 6 in, dan MBC 6 out. Kemudian sampel air dianalisis di Laboratorium uji kualitas air di BBPBAT Sukabumi.
Untuk mengidentifikasi dan menghitung kelimpahan fitoplankton, Contoh air disaring sebanyak 30 liter dengan menggunakan plankton net ukuran 25 μm.  Hasil penyaringan dimasukkan ke dalam botol volume 110 ml dan diawetkan dengan formalin 4%. Selanjutnya sampel tersebut diidentifikasi di Laboratorium uji kesehatan ikan di BBPBAT Sukabumi.
Kelimpahan jenis fitoplankton dihitung berdasarkan persamaan menurut APHA (1989) sebagai berikut :
N   =   Oi/Op   x   Vr/Vo   x   1/Vs   x   n/p
dengan :
N   =   Jumlah individu per liter
Oi  =   Luas gelas penutup preparat (mm2)
Op =   Luas satu lapangan pandang (mm2)
Vr  =   Volume air tersaring (ml)
Vo =   Volume air yang diamati (ml)
Vs  =   Volume air yang disaring (L)
n    = Jumlah plankton pada seluruh lapangan pandang
p    = Jumlah lapangan pandang yang teramati

Indeks Shannon-Wiener digunakan untuk menghitung indeks keanekaragaman (diversity index) jenis, indeks keseragaman, dan indeks dominansi dihitung menurut Odum (1998) dengan rumus sebagai berikut :
1.  Indeks keanekaragaman Shannon-Wiener :
               s
H’  =  -  S  (ni/N) ln (ni/N)
             i=1
2.  Indeks keseragaman :
E   =  H’/Hmax
3.  Indeks dominansi :
                     s
D     =    ∑    [ ni/N ]2
                    i=1
dengan :
H’  = Indeks keanekaragaman Shannon-Wiener
E    =  Indeks keseragaman
D   =  Indeks dominansi simpson
ni   =  Jumlah individu genus ke-i
N   =  Jumlah total individu seluruh genera
Hmax= Indeks keanekaragaman maksimum
   (= ln S, dimana S =  Jumlah jenis)


Artikel Terkait:

2 komentar:

Silahkan tulis komentar, dengan PILIH DULU SALAH SATU OPSI DARI "SELECT PROFIL" atau "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" :)