Laprak Biper : Uji Memori Mencit


UJI MEMORI MENCIT (Mus musculus) SW
Diajukan Sebagai Laporan Praktukum Biologi Perilaku

Oleh :
Yudi Suryadi
208700618

Tanggal Praktikum :
04-10-2011
Tanggal Penyerahan :
11-11-2011


PROGRAM STUDI BIOLOGI
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
2011



BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Mencit (Mus musculus) adalah anggota Muridae (tikus-tikusan) yang berukuran kecil. Mencit mudah dijumpai di rumah-rumah dan dikenal sebagai hewan pengganggu karena kebiasaannya menggigiti mebel dan barang-barang kecil lainnya, serta bersarang di sudut-sudut lemari. Hewan ini diduga sebagai mamalia terbanyak kedua di dunia, setelah manusia. Mencit sangat mudah menyesuaikan diri dengan perubahan yang dibuat manusia, bahkan jumlahnya yang hidup liar di hutan barangkali lebih sedikit daripada yang tinggal di perkotaan. (Wikipedia, 2011)
Kognisi merupakan sifat mengingat dari hewan, kognisi dari hewan biasanya berasal dari pengalaman dan pengulangan ingatan (Saragi, 2001). Fungsi kognitif adalah kemampuan berpikir dan memberikan rasional, termasuk proses belajar, mengingat, menilai, orientasi, persepsi dan memperhatikan (Herlina, 2010).

1.2    Tujuan
Tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui proses belajar dan memori yang diperlihatkan oleh mencit melalui maze test learning
1.3    Hipotesis
Proses belajar mencit (Mus musculus) dapat diketahui



BAB II
ALAT DAN BAHAN
2.1    Alat
Alat yang digunakan dalam praktikum ini adalah
1.    Maze learning test battery (ukuran 50 x 50 cm2), yang berfungsi sebagai media untuk menguji memori mencit.
2.    Stopwatch, untuk mengetahui durasi waktu.
3.    Water E maze battery, untuk menguji memori mencit.
4.    Lap bersih, untuk membersihkan.
5.    Kandang mencit, tempat untuk mencit.
2.2    Bahan
Bahan yang digunakan dalam praktikum ini adalah :
1.      Mencit (Mus musculus) strain SW, sebagai objek praktikum.
2.      Pakan mencit, untuk memancing supaya mencari makan.










BAB III
METODOLOGI
3.1    Uji maze learning test battery
          Pakan mencit diletakan di sudut maze yang ditetapkan sebagai sasaran. Mencit dilepaskan dari titik . waktu yang diperlukan dan jumlah kesalahan yang dilakukan oleh mencit untuk mencapai sasaran dicatat. Tiap pengujian dilakukan tiga kali pengulangan untuk setiap mencit secara berturut-turut tanpa istirahat. Jenis kesalahan yang dapat terjadi dalam maze learning test battery diklasifikasikan menjadi:
·         Kesalahan seleksi (s), yaitu arah gerak yang berlawanan dengan sasaran, tetapi tidak sampai masuk ke dekat pintu hambatan.
·         Kesalahan zonasi (z), yaitu arah gerak yang masuk ke dekat pintu hambatan yang berlawanan dengan letak pintu terbuka.
·         Kesalahan backing (b), yaitu arah gerak yang membalik lagi dari arah yang sudah benar atau masuk kembali ke dekat pintu start.
                   Selanjutnya kesalahan total dihitung, yaitu jumlah dari ketiga jenis kesalahan (s+b+z) jika yang diukur adalah satu kelompok pengujian, maka dihitung rata-rata kesalahan total yang dilakukan dan rata-rata pencapaian sasaran dari semua mencit di kelompok tersebut.
3.2    Pengamatan maze E water Battery
Tangga sasaran diletakan pada ujung parit sebelah kanan maze yang ditetapkan sebagai sasaran. Mencit dilepasakan pada titik start. Catat durasi dan jumlah kesalahan yang dilakukan oleh mencit untuk mencapai sasaran. Tiap pengujian dilakukan tiga kali pengulangan untuk setiap mencit berturut-turut tanpa istirahat. Jenis kesalahan yang dapat terjadi dalam Water E maze battery diklasifikasikan menjadi:
·         Kesalahan seleksi (s), yaitu arah gerak yang berlawanan dengan sasaran, tetapi tidak sampai masuk ke dekat pintu hambatan.
·         Kesalahan zonasi (z), yaitu arah gerak yang masuk ke dekat pintu hambatan yang berlawanan dengan letak pintu terbuka.
Kesalahan backing (b), yaitu arah gerak yang membalik lagi dari arah yang sudah benar atau masuk kembali ke dekat pintu start.


















BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
Gambar : uji Maze Learning Test Battery                            Gambar : uji Radial Arm Maze
Pada praktikum kali ini, kami menguji memori mencit. Mencit yang diuji ada dua tiap kelompok, jadi total mencit yang diamati satu kelas ada 12 mencit. Pada praktikum kali ini kami melakukan dua uji pada objek percobaan yaitu uji Maze Test Battery dan uji Radial Arm Maze seperti yang nampak pada gambar diatas. Dan berikut adalah data dari pengamatan yang kami lakukan:
4.1 Uji Maze Learning Test Battery
Kelompok
Mencit ke-
Ulangan ke-
I
II
III
Durasi
S+Z+B
Durasi
S+Z+B
Durasi
S+Z+B
1
1
6
1+1+0=2
56
1+0+2=3
211
3+3+0=6
2
31
1+1+0=2
39
0+0+1=1
211
1+1+0=2
2
3
86
1+3+2=6
57
0+0+1=1
209
2+2+1=5
4
144
6+3+4=13
68
2+1+0=3
422
5+1+4=10
3
5
127
2+1+3=6
146
3+2+3=8
79
2+1+0=3
6
167
4+3+4=11
28
2+1+1=4
13
1+0+0=1
4
7
25
1+0+1=2
42
4+2+2=8
40
1+0+0=1
8
100
3+1+1=5
92
3+3+2=7
28
0+0+1=1
5
9
83
1+7+3=11
23
1+0+3=4
143
1+1+4=6
10
71
1+1+3=5
43
2+1+0=3
24
2+1+0=2
6
11
205
6+5+8=19
71
1+1+1=3
196
1+4+3=8
12
62
2+2+3=7
214
2+1+2=5
241
2+1+3=6
Dari data diatas diketahui bahwa telah terjadi gangguan fungsi kognitis pada mencit. itu diketahui dari durasi yang diperlukan untuk mendapatkan makanan dimana pada pengulangan percobaan yang harusnya durasi yang diperlukan lebih pendek, tapi malah lebih panjang.
Gangguan fungsi kognitif adalah suatu gangguan fungsi luhur otak berupa gangguan orientasi, perhatian, konsentrasi, daya ingat dan bahasa serta fungsi intelektual. Gangguan fungsi kognitif adalah suatu gangguan ke arah demensia yang diperlihatkan dengan adanya gangguan berhitung, bahasa, daya ingat semantic (kata-kata), dan pemecahan masalah (problem solving). Gangguan fungsi kognitif untuk jangka panjang jika tidak dilakukan pananganan yang optimal akan meningkatkan insidensi demensia (Herlina, 2010).
Dengan menggunakan uji statistik, maka data diatas dapat dituliskan sebagai berikut:
a. Durasi
ANOVA
Durasi






Sum of Squares
Df
Mean Square
F
Sig.
Between Groups
39886.889
2
19943.444
2.799
.075
Within Groups
235135.417
33
7125.316


Total
275022.306
35





Durasi
Duncan


Perlakuan
N
Subset for alpha = 0.05
1
2
2
12
73.2500

1
12
92.2500
92.2500
3
12

151.4167
Sig.

.585
.095
Means for groups in homogeneous subsets are displayed.
     
      Dari data statistik diatas, diketahui dari uji Anova bahwa data diatas berbeda nyata, namun setelah diuji lagi dengan uji lanjutan yaitu uji Duncan, hasilnya tidak berbeda nyata. Hal ini masih bisa dilakukan karna khusus untuk uji Duncan terdapat kekhususa yaitu uji berbeda nyata terkecil selama nilai signifikan pada Anova nya tidak begitu jauh dari 0,05.
      Adapun data dalam bentuk grafik adalah sebagai berikut:


      Data grafik diatas menunjukkan rata-rata durasi mencit tiap percobaan dan pengulangannya. Awalnya mencit menunjukkan proses belajar yang baik yang terlihat dari pemendekan durasi 2 dari durasi 1, dimana durasi 2 merupakan ulangan dari durasi 1. Namun pada durasi 3 yang merupakan ulangan ke 3 terjadi peningkatan durasi yang mungkin itu disebabkan oleh gangguan kognitif yang terjadi atau mungkin juga karena faktor kelelahan mencit karena percobaan dilakukan selama tiga kali ulangan dan tanpa istirahat.
     
2. JumlahKesalahan yang dilakukan
ANOVA
Kesalahn






Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
Between Groups
78.167
2
39.083
2.793
.076
Within Groups
461.833
33
13.995


Total
540.000
35





Kesalahn
Duncan

perlakuan
N
Subset for alpha = 0.05
1
2
12
4.2500
3
12
4.3333
1
12
7.4167
Sig.

.057
Means for groups in homogeneous subsets are displayed.


3. Kesalahan yang seringdilakukan
ANOVA
kesalahan






Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
Between Groups
11.167
2
5.583
.670
.518
Within Groups
274.833
33
8.328


Total
286.000
35





Kesalahan
Duncan

perlakuan
N
Subset for alpha = 0.05
1
2
12
4.5833
3
12
5.5000
1
12
5.9167
Sig.

.294
Means for groups in homogeneous subsets are displayed.

      Hal kedua yang diamati pada uji Maze Learning Test Battery adalah jumlah kesalahan yang dilakukan mencit. Dan dari data rata-rata yang diperoleh, diketahui bahwa mencit paling banyak melakukan kesalahan seleksi, kemudian backing, lalu zonasi.
Berdasarkan hasil pengamatan, mencit sering melakukan kesalahan seleksi, itu disebabkan karena stimulus (pakan mencit) kurang menarik perhatian dan memancing mencit. Kemungkinan lain mencit tidak merasa lapar dan merasa nyaman ketika berada dalam maze (yuan, 2004).
Mencit melakukan kesalahan zonasi disebabkan oleh daya ingat yang kurang peka terhadap lingkungan.Insting dari stimulus pun tidak begitu memancing hewan tersebut.Aliran udara yang membawa stimulus teracak akibat bentuk maze, sehingga kurang memancing mencit tersebut(yandris, 2009).
4.2 UjiRadial Arm Maze
Kelompok
Mencit ke-
Ulangan ke-

I
II
III

Durasi
Durasi
Durasi

1
1
189
122
42

2
147
75
52

2
3
34
35
206

4
22
104
184

3
5
168
90
127

6
206
134
125

4
7
94
20
125

8
39
256
165

5
9
52
60
56

10
42
300
120

6
11
38
300
267

12
49
62
71


Keterangan : Durasi dalam detik



ANOVA

durasi







Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.

Between Groups
12233.556
2
6116.778
.950
.397

Within Groups
212402.333
33
6436.434



Total
224635.889
35




Durasi
Duncan

perlakuan
N
Subset for alpha = 0.05
1
1
12
90.0000
3
12
128.3333
2
12
129.8333
Sig.

.260
Means for groups in homogeneous subsets are displayed.


                                
data diatas menunjukkan durasi yang dibutuhkan pada uji radial arm maze yang hasilnya tidak berbeda nyata sehingga tidak membutuhkan uji lanjutan.




BAB V
KESIMPULAN
            Kesimpulan dari hasil uji memori pada mencit yaitu bahwa mencit melakukan proses belajar. Dan pada praktikum kali ini terjadi gangguan kognitif.


















DAFTAR PUSTAKA
Giffan, Yuan. 2004. Pengantar zoologi. Erlangga.Jakarta.
Herlina. 2010. Pengaruh Triterpen Total Pegagan (Centella asiatica(L)Urban) Terhadap Fungsi Kognitif Belajar dan Mengingat pada Mencit Jantan Albino(Mus musculus). Jurnal Penelitian Sains. Universitas Sriwijaya.

Saragi, E. 2001. Uji Perbandingan Pola Kognisi Pada Mencit (Mus musculus) dan Tikus (Mus ratus). Jurnal Zoologi. Surabaya.

Yandris, T, M. 2009. Pengaruh Pemberian Minyak Asiri Terhadap Daya Ingat       Tikus Putih (Mus musculus).Jurnal biomedis. Jakarta.
http://id.wikipedia.org/wiki/Mencit



Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, dengan PILIH DULU SALAH SATU OPSI DARI "SELECT PROFIL" atau "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" :)