Kisah Penelitianku

Gak kerasa udah masuk semester 8, yang artinya aku akan segera meninggalkan kampusku yang “tercinta” UIN SGD Bandung. Tapi ternyata jalan menuju gerbang kelulusan itu tidak mudah, 158 SKS harus ku lahap agar aku dapat lulus. Alhamdulillah ya, dalam 4 tahun ini aku bisa melahap 162 SKS dengan nikmat.. hehe . . .


Semester 8 ini aku mengambil 8 SKS yang terdiri dari 3 mata kuliah; komprehensif (2 sks), seminar hasil (2 sks), dan skripsi (4 sks). Dan di 4 SKS skripsi inilah kisah seru penelitianku dimulai !!!

Penelitian skripsi merupakan tugas akhir dikampusku, dan aku harus bisa melakukan penelitian (research) dan aku harus bisa mempertanggung jawabkan penelitianku itu pada sidang munaqosah agar aku dapat lulus. Aku mengambil penelitian di bidang ekologi(ekologi perairan) dimana aku melihat komunitas fitoplankton (tumbuhan air yang berukuran planktonik) sebagai bio-indikator perairan di sungai Cisarua Kabupaten Sukabumi. Alasan satu-satunya aku mengambil penelitian di bidang ekologi adalah karena penelitiannya murah dan mudah (menurutku).. hehe

Penelitianku ini mengharuskan aku untuk nyemplung ke sungai pagi-pagi sekali, itu sebuah tuntutan yang baru pertama kali aku melakukannya, pagi-pagi (sekitar jam 06:30 wib) aku harus turun ke sungai dan mengambil sampel air dan sample plankton yang akan aku uji di Lab Uji BBPBAT Sukabumi.
heeeem, dinginnya suasana perkampungan di kaki gunung harus aku lawan demi sebuah tujuan yang telah ditetapkan.. 
Untungnya aku tidak sendiri, aku punya sahabat yang sangat baik yang selalu setia menemaniku, menemaniku setiap pengambilan sampel, membantuku mengambil sampel air dan plankton, dan sahabatku ini rela basah-basahan nyemplung ke sungai bersamaku. Dan yang membuat aku kagum, dia adalah seorang wanita, dimataku dia adalah sahabat yang tangguh, sabar, dan seorang super girl. Dan tulisan ini aku dedikasikan untuk dia, sahabat yang telah banyak membantu penelitianku, SELVI HANDAYANI, teman sekelasku. Lewat tulisan ini aku hanya ingin berterima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang telah diberikan untuk membantu penelitianku..

Setidaknya ada dua hal nilai penting yang aku dapat dai pengalaman penelitianku ini;
1. Adanya sahabat yang menemani saat situasi sulit adalah suatu anugerah yang tak ternilai harganya,
2. Suatu yang sulit jika dikerjakan bersama, jadi terasa mudah,

Syukran jiddan Selvi Handayani


 your friend : Yudi Suryadi



Artikel Terkait:

4 komentar:

  1. iya di, V juga makasih banget.. Mudah-mudahan kita dilancarkan semuanya .. Amien Ya Rabb, Semangat lulus bersama *terharu

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar, dengan PILIH DULU SALAH SATU OPSI DARI "SELECT PROFIL" atau "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" :)