Menguatkan Hubungan Emosi

Dalam hubungan, posisi cinta dan kebahagiaan tidak selalu berada diatas. Adakalanya marah dan sedih yang menguasai suasana. Begitulah roda kehidupan selalu berputar, tapi kita bisa berusaha untuk menguatkan hubungan emosi kita, agar kebahagiaan dan cinta selalu bertahan dan mendominasi kehidupan kita.
***
Wahai bidadari yang baik hati, jika kita melihat ke kehidupan kita masing-masing maka kita akan melihat pola. Ya, hidup ini berpola. Kadang senang, kadang sedih, kadang marah, kadang bahagia. Itulah pola kehidupan. Hidup ini penuh warna ya…
Begitupun nanti setelah menikah, nampaknya hidup kita akan lebih berwarna lagi karena kita akan memulai hidup yang baru dalam kebersamaan. Hidup bersama dalam dua karakter berbeda tentunya itu yang akan banyak mewarnai hidup kita kedepannya.
Tentunya kita ingin kebersamaan kita ini selalu ada dalam cinta dan kebahagiaan bukan? adapun jika terjadi masalah kecil dan sedikit gesekan kita harapkan itulah yang akan menguatkan keharmonisan kita karena darisana bisa jadi telah terbangun komunikasi yang baik antara kita berdua, tidak ada yang saling memendam rasa kesedihan.
Wahai bidadari, apakah kamu masih ingat terhadap komitmen kita untuk membangun cinta karena Allah? yap, sekarang yuk kita coba bahas proses pembangunan itu. Tentunya kita akan membangun cinta karena Allah dengan pertama meluruskan niat untuk menikah, lalu kita akan mulai berusaha menguatkan hubungan emosi (rasa kasih sayang) diantara kita masing-masing.
Untuk menguatkan hubungan emosi diantara kita, saya melihat ada beberapa hal penting yang harus kita lakukan kedepannya, diantaranya;
1.      Penerimaan
Inilah hal yang sangat penting yang harus kita lakukan setelah menikah. Aku menerima kamu sepenuhnya sebagai istriku dan kamu menerimaku sebagai imam dalah hidupmu dengan sepenuh hati. Terimalah aku dengan tulus, dan akupun menerimamu sepenuh hati.
Terimalah aku apa adanya, dan akupun menerimamu apa adanya. Terimalah aku dengan segala kekurangan dan kelebihanku, dan aku dengan senang hati menerimamu dengan segala apa yang ada di dirimu.
2.      Tertawa bersama
Wahai bidadari, jika terjadi hal-hal yang lucu maka ceritakan padaku dan kita akan tertawa bersama. Menikmati kebersamaan dalam canda dan kebahagiaan itu akan menguatkan hubungan emosi diantara kita.
Bahkan bukankah Rasulullah saw mengajarkan bahwa senda gurau antara suami istri itu adalah ibadah. Subhanallah, setelah menikah kita bersenda gurau pun dapat pahala. Sekaligus dapat menguatkan hubungan emosi diantara kita, mungkin saya akan mulai belajar untuk ber stand up comedy sebelum menikah, masih ada waktu sekita 3 minggu lagi untuk belajar melucu. hehe…
3.      Menangis bersama
Ternyata selain tertawa bersama, kita juga harus menangis bersama wahai bidadari. Oleh karena itu, janganlah kamu menyimpan kesedihan, apapun yang mengusik hatimu, ceritakanlah kepadaku. Dan akupun begitu kepadamu.
Menangis bersama menumpahkan rasa sedih sebentar itu tidak apa-apa. Tapi tidak lama, kita bisa menangis bersama sebentar lalu kembali melanjutkan hidup dan bertahan dalam kebahagiaan.
4.      Berbeda itu keindahan
Dalam hubungan kita nanti, tentunya kita akan mengalami masanya berbeda pendapat. Itu tidak apa-apa, aku senang mendengarkan pendapatmu walaupun pendapat itu bisa jadi bersebrangan dengan pendapatku. Aku akan setia mendengarkan pendapatmu itu, tidak apa-apa kita berbeda, tidak akan ada sesuatu yang buruk yang akan terjadi saat kita berbeda pendapat.
Teataplah mengemukakan pendapatmu, tetaplah bersikap terbuka walaupun bisa jadi kita berbeda. Perbedaan itu adalah suatu keindahan. Jika salah satu diantara kita tidak mengemukakan pendapatnya saat terjadi perbedaan cara berfikir, bisa jadi salah satu pihak menjadi egois karena menganggap keduanya sudah sepaham.
Wahai bidadari, sepenuhnya aku menyadari bahwa perbedaan itu adalah sebuah keindahan. So, always tell me what’s on your mind, and we will discuse together to choose the best way :D
Itulah beberapa hal yang harus kita lakukan setelah menikah nanti. Kita harus menunjukkan kepada Allah bahwa kita telah berusaha membangun cinta karenaNya. Yang paling penting dari bahasan kali ini adalah kita harus selalu menambah keyakinan dan mendekat kepada Allah agar Allah membimbing kehidupan kita kedepannya dan mengabulkan permohonan kita untuk kita bisa hidup bersama dalam keluarga yang harmonis.

YS To SZH 13


Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, dengan PILIH DULU SALAH SATU OPSI DARI "SELECT PROFIL" atau "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" :)