Ikatan yang Kuat


Wahai bidadari, menikah bukanlah hal yang main-main. Dalam pernikahan terdapat sebuah ikatan yang kuat “mitsaqon gholidlo”. Ikatan itu mengikat antara kita dan Allah swt, dan Allah sangat benci jika ikatan itu sampai putus. Maka sebesar apapun rintangan yang akan kita hadapi nanti, kita harus bersama-sama menjaga ikatan itu agar tidak putus.

***

Wahai bidadari, pada catatan kali ini (catatan ke 6 YS To SZH) saya teringat perkataanmu yang luar biasa yang saya jadikan pokok bahasan kali ini. Ingatkah kamu saat kamu berbicara “saat aku menerima khitbahnya akang (B.Indo= Kakak), maka komitmen yang ada bukan hanya komitmen antara aku dan akang, tapi juga komitmen antara kita dan Allah”. Tahukah kamu, itu adalah kalimat yang sangat luar biasa. Tentunya kalimat itu tidak pernah saya lupa dan saya telah men“save” kalimat itu di hard disk di fikiran saya, hehe ..

Subhanallah, rasanya saya tidak salah mencari pasangan saat saya mendengar kamu berbicara seperti itu dan saya sangat bersyukur mendapat pasangan seperti kamu. Rasa syukur ini harus saya buktikan dalam sikap saya secara nyata, do’akan saya agar saya bisa membahagiakanmu selalu, tidak pernah menyakiti hatimu, mampu membimbingmu dengan baik, menjadi ayah yang hebat, dan mampu memberikan kecukupan (materi dan kasih sayang) untuk kehidupan keluarga kita dalam keharmonisan dan lindungan Allah swt. aamiin

Wahai bidaadari, kalimatmu itu senada dengan kalimat Allah swt yang menyebutkan bahwa dalam pernikahan itu terdapat ikatan yang sangat kuat “mitsaqon gholidlo”. Ikatan itu mengikat antara kita dan Allah swt, dan Allah swt sangat benci jika ikatan itu sampai putus. Bukankah satu-satunya hal yang halal namun dibenci Allah swt adalah putusnya ikatan yang kuat itu (bercerai)?

Tentunya kita tidak menginginkan hal itu terjadi. Oleh karena itu, kita harus sekuat tenaga dengan penuh do’a untuk menjaga ikatan itu tetap kuat agar Allah swt tidak membenci kita. Komitmen antara kita dan Allah itu harus kita pertahankan bersama-sama, bagaimanapun caranya.

Wahai bidadari, saat kita berkomitmen untuk menikah dengan niat karena Allah ta’ala, dengan komitmen yang telah kita buat bersama, dengan menjadikan Qur’an dan Sunnah sebagai asas di keluarga kita kelak, dengan rasa ingin saling membahagiakan dan membentuk keluarga harmonis, dengan kemampuan untuk mencintai dan menyayangi, semoga Allah swt meridlo’I nya dan ikut menjaga agar ikatan yang kuat itu tidak sampai putus.

Bayangkan juga orang-orang yang nantinya hadir dan ikut mendo’akan dalam acara akad nikah kita, insya allah akan banyak orang yang datang dan lebih banyak lagi orang yang mendo’akan kita. Jika sampai ikatan kita sampai putus, maka kita harus meminta maaf kepada semua orang itu karena kita tidak bisa mengabulkan harapan mereka. Mereka yang memberikan do’a restu, yang nanti datang dan mendo’akan kita, tentunya juga mereka ingin kita menjadi keluarga yang harmonis dan langgeng, iya kan?

Wahai bidadari yang baik hati, semoga kita selalu ingat dan harus selalu ingat tentang hal ini, kita mempunyai komitmen kepada Allah swt saat kita menikah dan kita harus menjaga harapan orang-orang yang memberikan do’a restunya untuk keharmonisan dan kelanggengan ikatan pernikahan kita kelak.

Jika terjadi konflik diantara kita nanti, saya harap kita ingat tentang hal ini hingga kita bisa menekan ego kita masing-masing dan berdiskusi dengan kepala dingin dan objektif, dan mengembalikan semuanya kepada Allah dengan mencari solusinya dari Qur’an dan Sunnah terlebh dahulu. Saya setuju denganmu jika terjadi konflik maka kita akan menyelesaikannya dihari yang sama, jangan sampai saat kita tidur ada perasaan jengkel yang kita pendam.

Wahai bidadari yang bijak, terima kasih karena telah menerimaku menjadi teman hidupmu, dan terima kasih atas kalimatmu yang luar biasa itu. Semoga kita tetap bisa saling menasihati dalam kebaikan dan kesabaran, dalam keluarga yang harmonis yang diridho’I oleh Allah swt J


YS To SZH 6


Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, dengan PILIH DULU SALAH SATU OPSI DARI "SELECT PROFIL" atau "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" :)