Belajar dari CGS


Anak adalah anugerah dalam sebuah pernikahan. Mereka adalah rezeki yang tak ternilai harganya. Namun ternyata karakter anak itu sangat ditentukan oleh kualitas hubungan kita dan bagaimana kita mendidik mereka.

***

Tiga hari ini saya berkunjung ke sekolah tempatmu mengajar di Cugenang Gifted School (CGS). Hari pertama saya datang ke CGS dalam keadaan cukup lelah karena telah menempuh perjalanan yang cukup jauh dari Tangerang ke Cugenang Cianjur. Ditambah lagi akses jalan menuju CGS yang sangat tidak memanusiakan pengendara, jalannya lebih mirip “susukan saat” daripada jalan untuk motor dan mobil hehe..

Namun saat bertemu anak-anak hebat dan gurunya yang luar biasa, lelah itu hilang seketika. Disana saya melihat banyak karakter anak seperti halnya di sekolah-sekolah yang lain. Namun yang membedakannya disini semua anak konon katanya adalah anak “gifted” yang memiliki kecerdasan superior. Saya berusaha memahami namun di hari pertama saya belum bisa memahami mereka karena waktu berinteraksi yang sangat-sangat minim karena kita harus pulang dulu ke Sukabumi mempersiapkan pernikahan kita.

Dihari kedua hanya berjumpa dengan anak-anak sekilas juga karena kita baru sampai ke CGS lagi cukup malam sekitar pukul 21.00 WIB. Disana saya hanya melihat anak-anak yang sedang bernyanyi bersama kepala sekolahnya. Oke,, kemampuan anak untuk menyesuaikan lirik, melodi, dan tempo itu baik sekali. Kalaulah mereka menyanyi itu tanpa latihan dulu, maka itu adalah hal yang luar biasa. Namun itu masih kurang bisa memahamkan saya apa yang membedakan anak gifted dengan anak-anak normal lainnya. Akhirnya dimalam itu saya berkesempatan untuk menginap di CGS dan bisa mengamati perilaku anak-anak di CGS. Amazing :D

Dihari ketiga saya bangun sekitar jam 4 dan banyak orang yang sudah bangun, mungkin karena hari ini adalah hari iedul adha makanya walau baru jam 04.00 tapi disini banyak anak yang sudah aktif beraktivitas. Lalu saya menuju kamar mandi dan di kamar mandi juga anak-anak sudah banyak yang sudah mandi. Jika ini adalah kebiasaan disini untuk mandi selalu sebelum subuh maka ini adalah sebuah pembiasaan yang luar biasa.

Setelah mandi saya kembali ke mamenyapa salah satu anak yang bernama Rama, ternyata respon dia baik. “Nah, ini dia calon anak yang akan saya observasi hehe” itulah yang muncul di fikiran saya saat bertemu Rama. Saya memang punya ketertarikan yang besar terhadap dunia anak-anak dan saya ingin mengetahui banyak hal tentang anak-anak dan tumbuh kembang anak.

Kembali ke cerita, adzan subuh pun berkumandang dan Rama mengajak saya untuk pergi ke Masjid. Oke darisanalah observasi saya dimulai. Kemampuan komunikasi Rama sangat baik, kemampuan untuk memahami maksud dari kata-kata yang saya ucapkan itu baik sekali. Bukan Cuma Rama, kalau dalam hal memahami kata dan makna yang baik, semua anak yang saya ajak komunikasi disini mereka semua mempunyai kemampuan memahami kata dan makna dengan baik. Tidak semua anak seperti itu, anak-anak murid saya di kelas enam SD saja masih ada yang kurang mampu memahami kata dan makna saat berkomunikasi, harus diulang sampai dua sampai tiga kali baru mereka faham maksud ucapan saya. Disini mulai terlihat bahwa di CGS memang isinya anak-anak gifted semua.
Saya terus mengobservasi Rama hingga saya tahu dia suka main game. Aha, saya tawarkan dia bermain di hp saya. Kebetulan hp saya di lock dengan password pola yang cukup ribet menurut saya. 

Dan saya membuka kunci hp saya secara cepat dan disana ada Rama yang melihat. Lalu dia bilang, “om, passwod nya cuma gitu doang”. Saya saja butuh beberapa kali gagal dalam membuka password awalnya, dia bilang password saya gampang banget. Hmm...

Saya diamkan celotehan Rama itu lalu saya biarkan dia bermain game minecraft. Setelah puas bermain hp nya dia kembalikan. Lalu kami berpisah beberapa jam kemudian dia datang lagi untuk pinjam hp saya lagi. “Kesempatan saya untuk menguji kemampuan memori nya dia nih hehe” lalu saya bilang “itu hp nya ambil di kamar”. Hp saya dalam keadaan terkunci,  dan saya ingin mengetahui apakah dia bisa membuka password saya atau tidak. Ternyata dengan mudah dia bisa membuka password saya. Amazing karena anak murid saya di Sabin kelas 6 SD kebanyakan butuh melihat beberapa kali dulu pola passwordnya sampai mereka hafal, tapi Rama baru melihat pertama kali dan saya mencontohkan dengan membuka lock secara cepat namun dia mampu menghafalnya. #Gifted

Mungkin kesimpulan sementara saya, anak gifted itu mereka lebih cepat memahami sesuatu dibandingkan dengan anak-anak normal. Namun dari segi karakter, saya belum bisa membedakan antara anak gifted dan anak normal. Dan yang saya fahami memang bahwa karakter anak itu sangat ditentukan oleh pola asuh orang tuanya. Anak gifted ada yang pendiam, ada yang ceria, seperti halnya anak-anak normal lainnya. Ada yang introvert, ada yang ekstrovert sama seperti anak normal lainnya. 

Mungkin anak gifted lebih cerdas saja hingga dia kadang bertingkah dengan penuh perhitungan, oleh karenanya guru dan orang tua tidak boleh kalah cerdas dalam mendidik anak-anak gifted ini karena mereka cepat memahami pola, termasuk pola orang tua dan guru dalam berinteraksi dengan mereka.

Wahai bidadari, untuk karakter anak memang orang tua yang sangat berpengaruh, karena pendidikan dan pembentukan karakter dimulai sejak awal bayi dilahirkan. Nah, inilah yang harus kita fahami berdua. Ini adalah hal yang sangat penting, apalagi melihat posisi ibu yang menurut Rasulullah merupakan “sekolah pertama” bagi anak-anaknya.

Istilah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya menurut saya hal itu bisa terjadi karena anak itu sejak bayi sudah merekam apa yang dia lihat, apa yang dia dengar dali sekelilingnya. Dan yang paling banyak berada disekeliling sang bayi lah yang akan banyak mempengaruhi karakter sang anak. 

Tentunya orang tua adalah orang yang paling banyak berada disekeliling anak sehingga karakter orang tua itu mempunyai peranan penting dalam pembentukan karakter anak. Karena anak sudah mulai belajar sejak ia lahir, bahkan sejak dalam kandungan.

Oleh karena itu, sangat pentging bagi kita untuk membentuk keluarga yang harmonis. Karena saat kehidupan pernikahan kita harmonis maka rumah itu serasa syurga dengan ketentraman dan kenyamanan yang ada di dalamnya.Dan setelah anak kita lahir, maka anak kita akan terbiasa dengan suasanya yang tentram dan semoga setelah dewasa nantgi sang anak tumbuh menjadi pribadi yang hebat, kuat dan penyayang bagi sesama.

Dari hari ke hari setelah pernikahan kita, kita harus berusaha terus menerus untuk membangun keharmonisan hubungan kita. Saling memahami karakter masing-masing, saling membahagiakan satu sama lain, saling respect terhadap pasangan, diharapkan apa yang membuat pasangan bahagia itu kita lakukan tanpa pasangan memintanya, itu butuh sifat respect yang luar biasa. Ini sangat penting untuk kehidupan kita kedepannya dan untuk tumbuh kembang sang anak setelah kita mempunyai anak.

Tentunya walaupun sekarang kita belum resmi menikah, namun kita harus sudah punya gambaran secara umum tentang bagaimana pola asuh yang akan kita terapkan terhadap anak kita nantinya. Saya harus banyak belajar tentang hal ini darimu. Saya tahu kamu mempunyai ilmu yang lebih banyak tentang anak-anak dan tumbuh kembangnya daripada saya karena kamu konsen belajar tentang hal itu selama proses perkuliahan. Oleh karena itu wahai bidadari, jangan segan untuk mengajari saya tentang anak-anak, tentang tumbuh kembang anak. Dan ajari saya untuk menjadi suami dan ayah yang baik untukmu dan untuk keluarga kita.

Dari CGS ini banyak hal yang saya pelajari. Walaupun waktu saya disini sangat singkat tapi saya senang bisa mengunjungimu di CGS dan sedikit berinteraksi dengan anak-anak CGS. Jika di CGS semua muridnya adalah anak-anak gifted semua, namun saya wajib berbangga karena saya mempunyai calon istri yang gifted juga. Kamu adalah gift terindah yang dianugerahkan oleh Allah kepada saya. Dan jangan dikasih tahu ke siapa-siapa bahwa sebenarnya saya juga adalah anak gifted hehe..


-YS To SZH 20-


Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, dengan PILIH DULU SALAH SATU OPSI DARI "SELECT PROFIL" atau "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" :)