Islam Memuliakan Wanita : Kisah Bani Qainuqa

Islam sangat memuliakan perempuan. Dalam Islam, perempuan itu sangat dihormati. Kemuliaan seorang perempuan sangat dihargai. Bila perlu, perang akan dilakukan untuk melindungi kehormatan seorang perempuan.

Oh, ingatkah kita pada kisah perang antara kaum Muslim dan Yahudi bani Qainuqa yang disebut perang Qainuqa. Perang itu menunjukkan bahwa Islam sangat menghargai perempuan. Mari kita simak kisahnya, semoga kita bisa mengambil hikmahnya.

Saat itu pada bulan Syawal tahun kedua Hijriyah, ada seorang wanita muslimah sedang berbelanja di pasar bani Qainuqa.
Bani Qainuqa adalah sebuah suku di madinah yang berpenduduk mayoritas Yahudi namun suku itu termasuk dalam wilayah kekuasaan Madinah yang dipimpin oleh Rasulullah saw.

Saat berbelanja, sang muslimah itu dilecehkan oleh orang-orang yahudi, mereka -orang yahudi- ingin menyingkapkan jilbab yang dipakai oleh muslimah itu. Tentu sang muslimah itu tidak mau menyingkapkan jilbabbya, namun tingkah orang yahudi itu sangat keterlaluan, ada seorang pedagang perhiasan yang mengikatkan ujung pakainnya tanpa diketahui, sehingga saat ia -muslimah- itu berdiri, tersingkaplah auratnya. Berteriaklah ia, minta tolong atas pelecehan yang dilakukan padanya.

Hingga datang seorang Sahabat yang membantu wanita muslimah itu, ia berkelahi dengan orang yahudi yang melecehkan wanita muslimah itu hingga salah seorang dari yahudi itu meninggal dunia. kemudian orang yahudi langsung mengeroyok sahabat itu hingga sahabat itu pun wafat.

Sampailah kabar ini kepada Rasulullah saw di Madinah, beliau langsung mengumpulkan tentaranya, dan memberikan bendera perang kepada Hamzah bin Abdul-Muththalib. Lalu mereka menuju Bani Qainuqa. Ketika melihat Kaum Muslimin, orang-orang Yahudi segera berlindung di balik benteng-benteng mereka. Pasukan Rasulullah SAW mengepung mereka dengan rapat selama 15 hari pada bulan Syawal hingga awal Dzulqaidah tahun 2 Hijriah.

Akhirnya Bani Qainuqa menyerah karena ketakutan melanda mereka. Lalu mereka menyerahkan keputusannya kepada Rasulullah SAW.

Sungguh, Islam sangat memuliakan perempuan. Pada masa Islam berjaya, kehormatan perempuan adalah hal yang sangat penting. hingga jika ada yang melecehkan perempuan, harus bersiap dengan serangan dari tentara-tentara Islam yang sangat gagah berani. Demi kehormatan seorang wanita muslimah, ribuan tentara siap dikerahkan. maka jika sudah begitu, tiadalah yang berani mengganggu ketenangan wanita muslimah.

Indahnya hidup dalam naungan Islam.. :)




Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, dengan PILIH DULU SALAH SATU OPSI DARI "SELECT PROFIL" atau "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" :)